Minggu, 03 Oktober 2010

TULISAN 2 tentang Pengertian Rukun Iman

Nama: Achmad Sulaiman
Kls : 2KA28
NPM : 16109877

Pengertian Rukun Iman
Rukun Iman terbagi menjadi 6 macam, antara lain :

1. Iman kepada Allah s.w.t.

Rukun Iman yang pertama ialah iman kepada Allah s.w.t. iman kepada Allah s.w.t. adalah yang paling pokok dan mendasari seluruh ajaran islam, dan ia harus diyakinkan dengan ilmu yang pasti seperti ilmu yang terdapat dalam kalimat syahadat. “laaa ilaaha ilallaah”. Ialah yang menjadi awal, inti dan akhir dari seluruh seruan islam sebagaimana wasiat Rasulullah s.a.w.

2. Iman kepada Malaikat

Iman kepada Malaikat adalah masalah akidah yang kedua sesudah iaman kepada Allah s.w.t. Pengetahuan kita tentang Malaikat hanya semata-mata berdasarkan Qur’an dan keterangan-keterangan Nabi. Kita wajib beriman kepada para Malaikat oleh karena Qur’an dan Nabi memerintahkannya, sebagaimana wajibnya beriman kepada Allah dan para Nabinya.

3. Iman kepada Para Rasul

Iman kepada Rasul berarti mempercayai bahwa Allah telah memilih diantara manusia sebagaimana hamba-hamba Allah dengan wahyu yang diterimanya dari Allah s.w.t. untuk memimpin manusia kejalan yang lurus dan untuk keselamatan dunia dan akhirat.

4. Iman kepada Kitab-kitab

Iman kepada Kitab-kitab menyatakan bahwa kitab yang telah diturunkan kepada rasul yang wajib disebarkan untuk ajaran para manusia sebagai pedoman hidup. Maka itulah kita wajib beriman kepada kitab-kitab.

5. Iman Kepada Hari Akhirat

Iman kepada hari akhirat adalah masalah yang paling berat segala macam akidah dan kepercayaan manusia. Sebab iman kepada akhirat akan membawa manusia kepada keyakinan adanya suatu hidup lagi di alam lain sesudah duniawi, adanya hidup kembali manusia sesudah matinya.

6. Iman Kepada Qadha dan Qadar

Iman kepada Qadha adalah peraturan yang telah diterapkan oleh Allah s.w.t tetapi masih bias kita rubah. Sedangkan Iman kepada Qadar adalah peraturan yang telah diterapkan oleh Allah s.w.t tetapi tidak bias kita rubah.

1 komentar:

Aunillah mengatakan...

Terima kasih atas penjelasannya tentang rukun iman yang cukup lengkap ini.

Posting Komentar