Sabtu, 27 Februari 2010

Tugas IBD tentang Peranan Budaya Lokal Memperkokoh Budaya Bangsa

Mata Kuliah : ILmu Budaya Dasar
Dosen : Muhammad Burhan Amin
Topik Tugas : Peranan Budaya Lokal Memperkokoh Budaya Bangsa
Kelas : 1KA26
Dateline Tugas : 06 Maret 2010
Tanggal Penyerahan & Upload Tugas : 06 Maret 2010
P E R N Y A T A A N
Dengan ini kami menyatakan bahwa seluruh pekerjaan dalam tugas ini kami buat sendiri tanpa meniru atau mengutip dari tim / pihak lain.
Apabila terbukti tidak benar, kami siap menerima konsekuensi untuk mendapatkan nilai 1/100 untuk mata kuliah ini.
P e n y u s u n
NPM Nama Lengkap Tanda Tangan
16109877 ACHMAD SULAIMAN

Program Sarjana Manajemen Sistem Informasi
UNIVERSITAS GUNADARMA











KATA PENGANTAR
uji dan syukur kita terhadap ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena atas perkenan-Nya, penyusunan tugas ini dapat kami selesaikan dengan baik sesuai yang di harapkan. Tugas ini bertujuan untuk mengetahui Peranan Budaya Lokal Memperkokoh Budaya Bangsa terhadap siswa diperguruan tinggi, baik secara lisan maupun tertulis, serta menimbulkan rasa akurasi terhadap Peranan Budaya Lokal Memperkokoh Budaya Bangsa terhadap siswa diperguruan tinggi
Pada dasarnya, belajar mempelajari Peranan Budaya Lokal Memperkokoh Budaya Bangsa meliputi empat keterampilan bahasa, yaitu keterampilan menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Tujuan tersebut dapat dicapai melalui kegiatan kelompok yang menjadi acuan kita dalam mengetahui Peranan Budaya Lokal Memperkokoh Budaya Bangsa terhadap siswa diperguruan tinggi dan menekankan pada keterampilan dalam berkelompok.
Dalam penyusunan ini, penyusun menghadapi berbagai kesulitan dan hambatan.namun berkat bantuan dari berbagai pihak dan dengan usaha semaksimal mungkin sehingga dapat tersusun tugas ini meskipun masih jauh dari kesempurnaan.
Untuk mencapai semua itu dengan baik, diperlukan pula teori bahasa yang mendukung dalam berkelompok. Mengingat Peranan Budaya Lokal Memperkokoh Budaya Bangsa terhadap siswa diperguruan tinggi sebagai keterampilan, teori ini tidak harus diajarkan, tergantung kebutuhan. Untuk itulah makalah ini kami buat dengan serangkai yang terangkum dalam tugas untuk mengantisipasi kebutuhan Peranan Budaya Lokal Memperkokoh Budaya Bangsa terhadap siswa diperguruan tinggi. Setiap teori mempunyai pengertian yang berbeda, sehingga Peranan Budaya Lokal Memperkokoh Budaya Bangsa ini kami jelaskan untuk mengetahui tujuan dari teori tersebut.
Agar siswa dapat memiliki serta menguasai pengetahuan tentang Peranan Budaya Lokal Memperkokoh Budaya Bangsa dengan baik, diperlukan penjelasan yang mengarah pada cara belajar yang aktif dan kreatif. Dengan makalah ini diharapkan siswa dapat dengan aktif melatih diri pada kekelompokan. Oleh sebab itu, penyusun ingin menyumbang pikiran melalui tugas agar siswa dapat melaksanakan kegiatan kelompok dengan berdaya guna dan berhasil guna. Materi yang tersaji dalam tugas ini disesuaikan dengan apa yang ada pada lingkungan sekitar .
Dalam kesempatan ini kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah memberi sumbangan pikiran sehingga makalah ini terwujud. Kami menyadari tugas ini masih memiliki sejumlah kekurangan. Oleh karena itu, bila ada salah kata dalam makalah ini, kami mohon maaf yang sebesar-besarnya. Semoga tugas ini bermanfaat bagi para pendiskusi, pembaca, dan perkembangan Peranan Budaya Lokal Memperkokoh Budaya Bangsa.

Bekasi, 28 Februari 2010


Penyusun


v



DAFTAR ISI
Halaman
KATA PENGANTAR.............................................................................. v
DAFTAR ISI............................................................................................. vi
BAB I PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang...................................................................................... 1
1.2 Tujuan................................................................................................... 1
1.3 Sasaran.................................................................................................. 1
BAB II PERMASALAHAN
2.1 Permasalahan........................................................................................ 2
2.2 Analisis SWOT
1. Strengths (Kekuatan).............................................................................. 2
2. Weaknesses (Kelemahan)....................................................................... 2
3. Opportunities (Peluang).......................................................................... 3
4. Threats (Tantangan)................................................................................ 3
BAB III PENUTUP
3.1 Kesimpulan........................................................................................... 4
3.2 Rekomendasi......................................................................................... 5






vi

BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Dalam budaya bangsa di Indonesia sendiri kaya akan budaya bangsanya, sebagian besar budaya dapat diekspresikan dan artikulasi dari hasil cipta, karsa dan karya. Pada dasarnya budaya Indonesia banyak berkembang di berbagai daerah tetapi demikian budaya barat masuk dan budaya Indonesia sendiri lama kelamaan mulai terkikis akibat banyaknya budaya barat yang masuk . Dengan demikian ciri, citra , dan karsa budaya indonesia sendiri mulai kehilangan budaya sendiri. Dan di dalam era globalisasi ini banyak kebudayaan dan kesenian yang bermunculan seperti malaysia yang berpendapat ada kesenian Indonesia yang mereka akui contohnya: wayang, batik , dan juga reok. Wayang telah ada, tumbuh dan berkembang sejak lama hingga sekarang, melintasi perjalanan panjang sejarah Indonesia. Daya tahan dan daya kembang wayang ini telah teruji dalam menghadapi berbagai tantangan dari waktu ke waktu karena daya tahan dan kemampuannya mengantisipasi perkembangan zaman maka wayang dan seni pedalangan berhasil mencapai kualitas yang tinggi, di banding dengan teater boneka biasa. Selain itu budaya Indonesia beranekaragam, tetapi kita tidak menyadarkannya karena banyaknya kebudayaan kita yang berbeda-beda dari seluruh nusantara.
Maka dari itu, dalam suatu daerah mempunyai corak yang berbeda-beda. Seperti bahasa persatuan yaitu bahasa Indonesia,dan juga bahasa daerah, dengan demikian alat memperkokoh budaya bangsa seperti halnya kita lestarikan perkembangan kebudayaan kita sejak saat ini untuk memperkokoh budaya bangsa.
1.2 Tujuan
Tujuan dalam penulisan tugas ini, antara lainnya:
• Untuk mengerjakan tugas dengan baik dan mendapatkan hasil yang baik juga seperti halnya yang diharapkan.
• Untuk mengetahui permasalahan yang sedang dibahas sesuai dengan apa yang dibahas dalam masalah ini.
• Untuk mengingatkan pada anakcucu kita akan banyaknya budaya dalam Indonesia ini yang berbeda-beda.
• Dapat memperoleh manfaat tentang masalah ini bagi kita atau juga bagi orang banyak.
• Mengajak masyarakat dapat berpatisipasi dalam masalah ini.
1.3 Sasaran
Dalam masalah ini penulis ingin mengajak seluruh masayarakat mencoba untuk dapat lebih mengenal budaya kita lebih dalam lagi, untuk dapat memperkokoh budaya bangsa yang kita miliki pada era globalisasi saat ini. Dan bagi generasi sekarang ikut untuk melestarikan budaya kita dalam usaha pelestarian sesuai dengan peninggalan nenek moyang kita yang terkenal sebagai bangsa yang kaya akan budayanya.
1

BAB II
PERMASALAHAN
2.1 PERMASALAHAN
Dalam peranan budaya sangatlah penting untuk memperkokoh budaya bangsa yang sekarang sering kali kita melupakannya dalam melestarikannya saja kita sering lupa untuk perkembangan budaya kita sendiri yang akan mengakibatkan budaya kita sering dicopy oleh negara lain tetapi sering kali kita akan kayanya budaya bangsa Indonesia.
Dengan demikian, adapula untuk pada permasalahan ini penulis menambahkan analisis SWOT yang terdiri dari Strengths (Kekuatan), Weaknesses (Kelemahan), Opportunities (Peluang), dan Threats (Tantangan).
2.2 ANALISIS SWOT
1. Strengths (Kekuatan)
Akan kayanya bangsa Indonesia yang memiliki budaya bangsa sendiri yang didukung dengan budaya lokal Indonesia yang mempunyai cirin khas masing-masing dalam melestarikan kebudayaan Indonesia. Masyarkat pun ikut senantiasa ikut serta dalam perkembangan budaya bangsa yang adanya peranan budaya lokal memperkokoh budaya bangsa dan pada tempat-tempat tertentu pada masyarakat pedesaaan meyakinoi budaya kuno atau telah diwarisi oleh nenek moyangnya itu sendiri contohnya adanya upacara adat istiadat yang berbeda dalam suatu daerah, adanya alat-alat taradisional dari berbagai daerah maupun tempat yang ditempatidalam suatu suku, masyarakat, dan penduduk.
2. Weaknesses (Kelemahan)
Dalam kelemahan dalam memperkokoh budaya bangsa terkait dengan adanya budaya barat yang masuk ke dalam Indonesia akibatnya masyarakat perlahan-lahan meninggalkan budaya bangsa atau juga budaya tradisonal, sehingga bangsa indonesia akan kehilangan ciri khasnya. Yang terpenting lagi adanya teknologi diberbagai belahan negara semakin maju dalam urusan apapun, sehingga adanya pergesaran arah budaya dalam masyarakat. Dan ada juga kurangnya pemantauan dari pemerintahan akan adanya budaya bangsa.
2

3. Opportunities (Peluang)
Perkembangan budaya Indonesia dapat dilihat da;lam adanya tempat-tempat pariwisata yang sering kali menunjukkan berbagai keanekaragaman yang ditampilkan dari berbagai daerah yang ada di Indonesia yaitu sering kali kita kunjungi TMII (Taman Mini Indonesia Indah) sementara itu juga kita dalam membahas persoalan budaya kita juga dapat menambah wawasan budaya lokal maupun budaya asing, menginpirasikan antara budaya lokal menjadi satu kesatuan budaya asing dan akan menciptakan budaya baru, dan adanya juga pagelaran seni atau juga mengajari bagi generasi sekarang dengan memberitahu berbagai budaya bangsa. Dengan demikian , peluang budaya kita untuk melestarikannya butuh waktu untuk mengembangkannya ada juga caranya melalui sistem teknologi mendesain budaya lokal yang menjadi perkembangan dalam pelestariannya.
4. Threats (Tantangan)
Sebuah jawaban yang kita harus hadapi merupakan tantangan yang wajib kita jalani untuk perkembangan budaya bangsa yang bertujuan untuk perkokohan budaya bangsa, dalam masalah ini pemerintah harus aktif dalam meninjau segala aktifitas tentang budaya, kembali lagi tentang teknologi diIndonesia untuk lebih ditingkatkan lagi supaya tidaka tertinggal oleh bangsa lainnya. Dalam melakukan perkokohan budaya lokal terhadap budaya bangsa kita harus berperan juga untuk menciptakan hasil-hasil yang lebih eksis lagi, pemerintah harus memamerkan budaya bangsa kita keberbagai negara lainnya supaya lebih diakui lagi oleh negara lainnya. Dan mengenalkannya kedalam pedesaan baik luar maupun dalam untuk bertujuan mengenalkan banyaknya keanekaragaman yang kita miliki yang dari dahulu sampai sekarang yang harus kita jaga untuk perkokohan budaya bangsa.




3


BAB III
KESIMPULAN
3.1 KESIMPULAN
Dalam kesimpulan dari tema “Peranan budaya lokal memperkokoh budaya bangsa” dapat disimpulkan kebudayaan adalah ciri khas, sari dari suatu bangsa yang berbagai macam keanekaragaman budaya yang terdapat dalam daerah-daerah tertentu yang mempunya ciri-ciri khasnya sendiri. Peranan budaya lokal mempunyai arti penting tersendiri yang menggambarkan suatu perkokohan yang ada di bangsa itu, oleh disebabkan pemerintah harus bisa berperan aktif dalam perkembangan suatu kodisi pada budaya bangsa itu sendiri yang menyimpan segala kekayaan yang terdapat pada berbagai daerah yang mempunyai baerbagai keanekaragaman budaya, disamping itu elemen peran pemerintah ada juga peran serta masyarakat dalam memajukannya yang penting juga adanya kebersamaan tuijuan yang sama . tujuan itu harus diperhatikan dalam menjalankannya antara lain sebagai berikut:
• Pemeliharaan dalam kebudayaan melalui perkembangan yang diharapkan untuk dirawat agar tidak ada kehilangan dalam budaya bangsa.
• Pemanfaatan melalui budaya bangsa dapat dilakuakn banyak berbagai cara seperti mencintai budaya tersebut untuk dapat inspitrasi dari banyak masyarakat berupa kritik dan saran melaui penyelenggaraan budaya bangsa.
• Dokumentasiaan merupakan cara utama dalam melestarikannya dalam perkokohan budaya bangsa, dengan cara didokumentasiakan atau juga penyimpanan budaya didalam sebuah museum untuk tidak hilang.

4


3.2 Rekomendasi
Selain kesimpulan ada juga rekomendasi dari sebuah kesimpulan atara lain, adalah :
• Adanya peningkatan pada kecintaan berbagai budaya luhur yang telah diwariskan oleh nenek moyang kita untuk perkokohan budaya bangsa.
• Peran serta pemerintah dalam menjaganya dan perkembangannya melalui penampilan budaya dari berbagai daerah.
• Pertahanan budaya bangsa untuk tidak punah dan harus dikembangkan oleh masyarakat.
• Pendorongan atas perkembangan budaya bangsa yang telah dimiliki.
• Kecintaan atas vapa yang dimiliki budaya bangsa kita sendiri.
















5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar