Sabtu, 20 November 2010

Tugas tentang Pengalaman dalam Organisasi Informal dan Formal

Pengalaman dalam Organisasi Informal dan Formal

A. Pengertian tentang Organisasi

Menurut saya
Organisasi adalah merupakan sekumpulan dalam suatu wadah yang berkaitan dengan tujuan kesamaan yang utuh dalam satu tujuan bersama.

Selain itu menurut para organisasi, antara lain:

1. Prof Dr. Sondang P. Siagian, mendefinisikan “organisasi ialah setiap bentuk persekutuan antara dua orang atau lebih yang bekerja bersama serta secara formal terikat dalam rangka pencapaian suatu tujuan yang telah ditentukan dalam ikatan yang mana terdapat seseorang / beberapa orang yang disebut atasan dan seorang / sekelompok orang yang disebut dengan bawahan.”
2. Drs. Malayu S.P Hasibuan mengatakan “organisasi ialah suatu sistem perserikatan formal, berstruktur dan terkoordinasi dari sekelompok yang bekerja sama dalam mencapai tujuan tertentu. Organisasi hanya merupakan alat dan wadah saja.”
3. Prof. Dr. Mr Pradjudi Armosudiro mengatakan “organisasi adalah struktur pembagian kerja dan struktur tata hubungan kerja antara sekelompok orang pemegang posisi yang bekerjasama secara tertentu untuk bersama-sama mencapai tujuan tertentu.
4. James D Mooney berpendapat bahwa “Organization is the form of every human, association for the assignment of common purpose” atau organisasi adalah setiap bentuk kerjasama untuk pencapaian suatu tujuan bersama.
5. Chester L Bernard (1938) mengatakan bahwa “Organisasi adalah system kerjasama antara dua orang atau lebih ( Define organization as a system of cooperative of two or more persons) yang sama-sama memiliki visi dan misi yang sama.
6. Paul Preston dan Thomas Zimmerer mengatakan bahwa “Organisasi adalah sekumpulan orang-orang yang disusun dalam kelompok-kelompok, yang bekerjasama untuk mencapai tujuan bersama.”

B. Pengertian tentang Organisasi Informal dan Organisasi Formal

- Organisasi Formal

Organisasi Formal adalah Sekumpulan dari dua orang atau lebih dalam organisasi yang secara sadar dan hubungan kerja berasional. Contoh : Sekolah, Negara, dan publik lainnya.

Pada pengalaman saya dalam organisasi formal pada waktu itu saya menjabat OSIS dalam sekolah smp dan sma. Pada saat itu saya menjabat sebagai seksi rohani dalm organisasi itu saya sadar akan tugas apa saja kewajiban saya dalam menjunjung tinggi rohani dilingkungan sekolahan saya. Dan saya pun mendirikan eskrakulikuler misalnya: rohis, marawis, dan yang berkaitan dengan kerohanian. Kita dapat mengambil suatu pelajaran yang formal dalam OSIS tersebut dengan cara melakoni sepenuh hati yang menjadi kewajiban bersama dalam seksi saya, saya mempunyai 3 anggota yang membantu saya dalam mendirikan ekstrakulikuler yang menjadi tujuan untuk membangun kerohanian dan berkesempatan kesejahteraan dalam lingkunagan sekolahan. Pada saat itu banyak sekali pelajaran yang saya dapatkan dan kawan-kawan bisa ambil objek tersebut.

- Organisasi Informal

Organisai Informal adalah Sekumpulan dari dua orang atau lebih dalam aktifitas yang secara tidak sadar.

Pada pengalaman saya dalam Informal waktu itu saya melihat orang yang sedang membutuhkan pertolongan dalam kesulitan yang tidak diduga ibu itu ingin pulang tetapi tidak mengetahui jalan dalam tujuan tersebut, akan tetapi saya memiliki tindak spontan atau tidak sadar untuk mengantarkannya ketempat keluarga yang ingin dijumpai dikota Jakarta. Akrhinya tempat yang dicari pun ditemukan ibu itu berterima kasih kepada satya yang telah membantunya untuk bertemu dengan keluargannya tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar