Rabu, 17 November 2010

Tulisan tentang berbagai alat-alat kue

Nama : Achmad Sulaiman
Npm : 16109877
Kelas : 2KA28

Kenali Piranti Dasar Membuat Cake

Gelas ukur

Piranti berupa gelas dari plastic dan gelas dengan tanda ukuran. Milimeter untuk menakar cairan, ounce untuk barang cair (fluid), serta ukuran cup untuk bahan kering dan cairan.


Sendok ukur

Berbeda dari jenis sendok makan umumnya, sendok ukur memiliki ukuran tertentu, yaitu 1 sdt, ½ sdt, ¼ sdt hingga 1/8 sdt.

Sendok kayu

Ukurannya bermacam, sesuai banyaknya adonan yang akan dicampur.


Rak pendingin

Digunakan untuk mendinginkan atau mengeluarkan udara dari dalam kue setelah kue matang dan dilepas dari loyang. Ukuran dan jenis rak pendingin berbeda, sesuai ukuran kue.


Mixer

Alat pengocok ini menggunakan tenaga listrik, dapat diatur kecepatannya dari rendah ketinggi. Untuk menghasilkan tekstur kue yang halus, kocok telur dengan kecepatan rendah. Bila waktu tak memungkinkan, boleh saja Anda setel kecepatan tinggi, lalu dilanjutkan dengan kecepatan rendah sampai proses selesai.


Timbangan

Timbangan akurat sangat penting untuk menakar bahan kue sesuai kebutuhan. Tanpa alat ini, sulit mendapatkan kue yang bagus.


Cutter

Bentuknya bermacam-macam, digunakan untuk membentuk atau menghias berbagai jenis kue kering dan cake.

Palette

Spatula dari logam dalam berbagai bentuk ukuran untuk mengeluarkan kue dari kue dari loyang atau mengoleksi cake dengan buttercream atau icing.

Kuas

Kuas bervariasi ukuran dan bentuknya, berfungsi mengolesi loyang dan kertas roti dengan mentega atau minyak.

Pengocok Kue

Alat manual ini bisa digunakan untuk mengkocok krim, putih telur atau adonan cair lainnya menjadi adonan lembut.

Spatula

Sendok ideal untuk mengaduk adonan. Pilih spatula plastik yang lentur hingga adonan tercampur rata dan dapat mengambil semua adonan kue di dasar dan sudut wadah.

Kertas Roti

Dipakai untuk mengalasi loyang, agar kue mudah dikeluarkan saat matang, serta bentuk dasar kue menjadi baik dan rata.

Loyang (cetakan)
Jenis dan ukuran loyang bervariasi, ada bundar, kotak, persegi panjang, segilima atau berbentuk binatang, huruf dan angka. Ikuti saran dalam resep tentang loyang yang digunakan. Bila ingin menggantinya, pastikan volume loyang sesuai dengan yang disarankan. Perhatikan, sebelum menggunakan, selalu olesi loyang dengan mentega agar kue mudah dilepaskan. Dasar atau sisis loyang tidak perlu ditaburi tepung terigu, karena hanya akan membuat kulit kue penuh bercak-bercak tepung.

Mangkuk (wadah)

Pilih mangkuk kaca atau baskom plastik untuk mengocok telur yang tidak terlalu tinggi agar hasil pengocokan rata. Jangan gunakan wadah aluminium, karena aluminium akan larut dalam telur hingga kue tercemari logam.

Oven

Alat penting dalam membuat kue atau cake. Oven yang bagus bila panasnya sesuai dengan temperature tercantum, merata, dan naik turun, serta memiliki thermostat. Sebelum digunakan, pelajari baik-baik panas oven. Anda akan tahu bagaimana bersikap jika panas oven tidak merata atau selalu naik 20 menitv dinyalakan.

Demikian anjuran pemberitahuan tentang apa yang dibutuhkan dalam membuat kue atau cake, semoga bermanfaat bagi yang membacanya.

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Terus biar makin enak bisa langsung didinginkan di jual display cooler nih Gan/sis :D Btw, kira-kira sehat nggak ya kalau disipan disitu? :o

Posting Komentar