Kamis, 02 Desember 2010

Tulisan tentang Keragaman Flora Fauna

Keragaman Flora Fauna
A) Flora Indonesia
Tanaman (flora) yang tumbuh di wilayah Indonesia sangat dipengaruhi oleh keadaan iklim, keadaan tanah, dan juga ketinggiannya. Berdasarkan tempatnya, tumbuhan yang ada di wilayah Indonesia dapat dibedakan menjadi tiga kelompok, yaitu:

- Tumbuhan Pantai
Contoh tumbuhan pantai adalah semak belukar dan pohon kelapa yang umumnya tumbuh di pantai.
- Tumbuhan Perkebuanan
Jenis tumbuhan yang cocok di daerah pegunungan antara lain tanaman hortikultura (berbagai jenis buah-buahan dan sayuran), tanaman bunga, pinus, teh, kopi, dan cengkih.
- Tumbuhan Hutan
Berdasarkan jenis tumbuhan hutan dikelompokkan menjadi hutan homogen dan hutan heterogen. Hutan homogen adalah hutan yang tumbuhannya hanya terdiri atas satu jenis yang menonjol. Misalnya, hutan jati, hutan mahoni, dan hutan damar. Hutan heterogen adalah hutan yang ditumbuhi oleh bermacam-macam jenis tanaman seperti jati, mahoni, damar, karet, palawija, dan kelapa sawit. Hutan-hutan ini sudah ada secara alami.

B) Fauna Indonesia
Di Indonesia hidup berbagai jenis hewan. Hewan-hewan tersebut hidup di hutan-hutan belantara. Hewan yang hidup di hutan ini biasanya masih buas dan hidup secara liar. Selain hewan buas ada juga hewan jinak. Beberapa jenis hewan di Indonesia dikelompokkan oleh seorang ilmuwan asal Inggris yang bernama Alfred Russel Wallace, hewan-hewan di Indonesia dibagi menjadi tiga kelompok. Kelompok-kelompok hewan itu adalah sebagai berikut:
a) Hewan yang terdapat di bagian barat Indonesia, yaitu meliputi wilayah Sumatra, Jawa, Bali, Madura, dan Kalimat. Contoh hewan di wilayah ini banyak badak jawa, badak Sumatra, banteng, beruang madu, gajah, harimau, kancil, kukang, lumba-lumba, pesut, orang utan, tapir, burung beo, dan macan tutul.
b) Hewan yang terdapat di bagian tengah Indonesia, meliputi wilayah Sulawesi, NTB, NTT, Maluku Tengah, dan Maluku Tenggara. Contoh hewan di wilayah ini adalah anoa, biawak, kambing, kerbau liar, komodo, kucing, kuda liar, burung nuri, dan burung maleo.
c) Hewan yang terdapat dibagian timur Indonesia, meliputi wilayah Papua dan Maluku Utara. Contoh hewan di wilayah ini adalah buaya, kanguru, cenderawasih, burung kakak tua, kuskus, ikan peyang, dan rusa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar