Rabu, 03 Maret 2010

Warta Warga 1

1. Jelaskan proses pengangkutan O2(Oksigen) dan CO2(Karbondioksida) dalam darah melalui respirasi Eksternal, Internal, dan Seluler !!
2. Jelaskan tentang Tracheostomi :
 Penyebab/Akibat
 Penanggulagan
3. Sebutkan komponen-komponen Karbohidrat, Lemak, dan Protein.........Jelaskan!
Polisakarida + Contoh

KH Disakarida + Contoh

Monosakarida + Contoh

1. Sistem Pernafasan Eksternal adalah system pernafasan luar tubuh, dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut : Udara oksigen {O2},dan karbon dioksida {CO2}masuk melalui hidung. Di hidung udara yang masuk disaring oleh bulu-bulu halus untuk memisahkan udara denga debu dan partikel-pertikel kotoran. Setelah itu udara oksigen {O2},dan karbon dioksida {CO2}masuk kedalam alveolus. Dan dari alveolus udara oksigen {O2},dan karbon dioksida masuk kedalam kepiler darah. Di kapiler darah oksigen {O2} masuk ke dalam sel-sel tubuh melalui pembulu darah alteri keseluruh tubuh untuk melakukan oksidasi{proses pembakara}. Setelah melakukan proses pembakaran/oksidasi, karbon dioksida {CO2} berubah menjadi oksigen {O2} yang kemudian di bawa oleh pembulu darah vena untuk menuju ke-2 cabang saluran yaitu :
1. karbon dioksida {CO2} dibawa ke kapiler darah yang kemudian menuju alveolus,
2. karbon dioksida (CO2) dibawa ke jantung untuk melakukan oksidasi. Setelah oksidasi karbon dioksida {CO2} menjadi oksigen yang kemudian dibawa ke paru-paru melalui pembulu darah alteri pulmonalis. Dan dari paru-paru oksigen (O2) kembali ke jantung melalui pembulu darah vena pulmonalis dan dari jantung oksigen dikirim kembali ke seluruh tubuh melalui pembuluh darah vena untuk melakukan oksidasi lagi.



2. Tracheostomi merupakan pembuatan lubang pada trakea untuk membantu memberikan pernapasan bantuan. Penyebab Tracheostomi adanya gangguan atau sumbatan dijalan napas bagian dan ada pula penanggulangannya dengan cara lubang pada trakea untuk lubang pernapasan. Dengan demikian yang dimaksud dengan Tracheostomi merupakan adanya gangguan pada dalam trakea.





3. 1)Karbohidrat
Karbohidrat merupakan suatu molekul yang tersusun atas rangkaian atom-atom C(karbon),H(hydrogen),dan O(oksigen) dengan merumuskan Cx(H2O).Fungsi karbohidrat adalah:
1. sebagai sumber tenaga.
2. sebagai bahan pembentuk senyawa kimia lainnya, misalnya asam lemak sebagai penyusun lemak dan asam amino sebagai penyusun protein.
3. sebagai komponen penyusun gen dalam inti sel yang amat penting dalam pewarisan sifat. Gen terdiri asam deoksiribonukleat {DNA} dan asam ribonukleat {RNA} yang merupakan karbohidrat beratom C lima.
4. sebagai senyawa yang membantu proses berlangsungnya buang air besar.
Karbohidrat juga penghasil energi di dalam tubuh.Karbohidrat yang memiliki komponen-komponen sebagai berikut:
a)Monosakarida
Tersusun atas satu molekul gula,dengan rumus molekul adalah C6H12O6.
Contoh:1. Hektsosa {glukosa, fruktosa,galaktosa}
2. Ribosa{penyusun RNA}
3. Dioksiribosa {pentusun DNA}
b)Disakarida
Karbohidrat yang memiliki dua gugus gula dan mempunyai rasa manis.
Contoh:Laktosa :glukosa+galaktosa
Sukrosa :glukosa+fruktosa
Maltosa :glukosa+glukosa
c)Polisakarida
Karbohidrat yang memiliki lebih dari sepuluh gula dan umumnya tidak berasa atau berasa pahit,sukar larut dalam air.
Contoh:amilum,glikogen(gula otot),selulosa,pectin,lignin,kitin.
2)Protein
Protein merupakan senyawa kimia yang tersusun dari unsure-unsut hidrokarbon,yaitu C(karbon),H(hydrogen),dan O(oksigen),serta N(nitrogen) dan membentuk rangkaian yang disebut asam amino/peptida.
Tiga asam amino penyusun protein,yaitu asam amino esensial,asam amino nonesensial,dan asam amino semiesensial. .Asam amino esensial adalah asam amino yang harus didatangkan dari luar tubuh manusia karena sel-sel tubuh tidak dapat mensintesisnya. Asam amino semiesensial adalah asam amino yang dapat menghemat pemakaian beberapa amino esensial. Asam amino nonesensial adalah asam amino yang dapat disintesis didalam tubuh manusia dengan bahan baku amino lainnya. Ada pula peran pentingnya sebagai pembagun tubuh, sebagai enzim, antibody, dan hormon.
3)Lemak
Lemak merupakan ester dari asam lemak dengan gliserin dan membentuk trigliserida,yaitu zat yang tersusun oleh satu senyawa gliserol dan tiga senyawa asam lemak.
Lemak mempunyai peran penting bagi tubuh kita.Berdasarkan lemak dibedakan menjadi 2,yaitu lemak nabati dan lemak hewani.
Contoh lemak nabati :kacang-kacangan,kelapa,kemiri,dan zaitun.
Contoh lemak hewani:susu,keju,daging,telur,mentega,dan minyak ikan.
Lemak mempunyai beberapa fungsi,yaitu:
1)Sebagai cadangan makanan
2)Sebagai pembangunan tubuh
3)Sebagai pelindung tubuh dari suhu tertentu
4)Sebagai pelarut vitamin A,D,E,dan K
5)Sebagai penyusun hormone dan vitamin
6)Sebagai penyusun mambran sel
7)Sebagai penyusun garam empedu
8)Sebagai pelindung alat-alat tubuh yang vital yaitu sebagai bantal

Tidak ada komentar:

Posting Komentar